Monday, December 26, 2016

Cara Membuat Startup Bisnis Dari Awal Hingga Sukses

Cara Membuat Startup Bisnis Hingga Sukses


Anda masih berstatus mahasiswa, masih muda atau orang yang memiliki mimpi tinggi. Berharap suatu hari dapat menjadi milyader. Anda adalah tipikal orang yang ingin membantu sesama, berharap dapat memudahkkan pekerjaan orang lain. Anda pekerja keras, berani gagal dan tidak mudah menyerah. Anda ingin mencoba mengubah kehidupan anda menjadi lebih baik. Ingin membuat bisnis sendiri, ingin membuat suatu perusahaan. Memulainya dengan membangun startup merupakan pilihan yang tepat bagi anda.

Lantas apa itu startup sebenarnya?

"Startup adalah sebuah perusahaan rintisan, umumnya disebut startup (atau ejaan lain yaitu start-up), merujuk pada semua perusahaan yang belum lama beroperasi (wikipedia.org)"

Jika anda ingin membuat startup yang sukses anda perlu belajar banyak. Yang saya maksud banyak adalah banyak sekali. Membuat startup tidaklah cuma berkaitan dengan ide bisnis. Anda perlu mempelari banyak hal seperti strategi, model bisnis, cara mengeksekusi, managemen tim, dan lai-lain.

Saya sarankan anda perlu membaca buku "The Startup Owner's Manual: The Step-By-Step Guide for Building a Great Company" oleh Steve Blank dan Bob Dorf untuk referensi. Anda juga dapat menonton video dari kanal berikut "https://www.youtube.com/user/Harvardilab". Belajar skill kepemimpinan dari Simon Sinek dan lain-lain.

Semua itu dimaksudkan agar anda dapat menjalan startup dan membuatnya bertahan hingga IPO dan menjadi perusahaan besar.

Walaupun begitu berikut merupakan tahapan atau langkah-langkah membuat startup bisnis agar anda mendapat gambaran jika anda masih baru dalam dunia bisnis ini:

Cara Membuat Startup Bisnis dari Nol Hingga Sukses

1. HIDUP DI MASA DEPAN

Kebanyakan dari kita pemikirannya masih hidup di masa lalu atau masa sekarang. Hal ini akan mudah jika kita hanya menganalisa apa yang sudah terjadi, misalnya apa hal yang membuat orang sukses dan memikirkan bagaimana cara mereplikasi kesuksesan itu. Ini merupakan cara berpikir yang benar sebenarnya, kecuali jika kita ingin mencari jalan untuk membuat suatu startup yang besar. Jadi berpikirlah seolah olah anda berada di masa depan.

2. MENCARI APA YANG KURANG DI DUNIA INI

Anda mungkin berpikir sebelum adanya Uber, taxi terasa tidak menyenangkan. Anda juga mungkin berpikir bahwa sebelum adanya SpaceX orang tidak terlalu tertarik berada di luar angkasa. Tetapi hal itu adalah masa lalu. Jadi pikirkanlah apa yang tidak ada sekarang? Lebih penting lagi apa yang tidak ada di kehidupan anda sekarang. Dengan begitu anda akan dengan mudah menemukan ide untuk membuat startup.

3. MENCATAT

Ketika Anda mencatat ide startup anda, secara otomatis anda akan secara penuh memfokuskan perhatian anda padanya. Pensil dan kertas anda merupakan alat yang bagus untuk meningkatkan konsentrasimu.

4. MEMBUAT PROTOTYPE

Jika gambar dapat menyampaikan ribuan kata, jadi banyangkanlah bagaimana suatu prototype dapat merangkum idemu pada startup. Hal ini bukanlah sesuatu yang secara penuh berfungsi, namun membuat prototype dari visi mu akan membuatmu lebih mudah untuk menjelaskan konsep anda ke investor, klien, atau orang yang mungkin akan berkaitan dengan startup anda.

5. MENUNJUKKAN PROTOTYPE KE 100 ORANG

Anda sudah bekerja untuk suatu ide yang bagus pada beberapa bulan belakangan. Anda sudah membuat perkembangan signifikan saat membuat prototype pertama anda. Sekarang anda perlu keluar dari zona aman dan mencari kritik dan masukan untuk prototype anda. Lantas mengapa 100? karena anda perlu perspektif yang berbeda dan anda juga berharap adanya suatu pola yang dapat ditarik dari masukan yang diberikan. Jangan kuwatir jika mereka akan mencuri ide bisnis anda. Hal ini karena kemungkinannya sangat kecil serta karena adanya saran dari mereka merupakan hal yang tak ternilai.

6. PELAJARI

Taukah anda salah satu hal penyebab kegagalan suatu startup? yaitu mereka membuat sesuatu yang orang lain tidak inginkan. Jadi pelajari, mungkin produk anda bekerja namun perlu adanya peningkatan. Anda dapat membuat versi lebih bagus dari produk anda.

7. MENCARI CO-FOUNDER

Menjadi pengusaha merupakan hal yang berat. Ini merupakan marathon dan bukan sprint 100 m. Sehinnga anda perlu partner yang dapat membantumu mencapai beberapa kilometer. Saat melakukan sendiri  tidaklah mudah, partner yang tidak cocok juga justru membuat bencana. Jadi mencari co-founder yang tepat merupakan hal yang penting.

8. MENDAFTARKAN BISNIS ANDA

Bagi kepemilikan, cari notaris yang akan mendaftarkan bisnismu menjadi perusahaan. Beri co-founder anda bagian kepemilikan sebaik mungkin agar ia dapat bekerja sebaik-baiknya.

9. MENCARI PENDANAAN DAN MEMBUAT VERSI PERTAMA

Saat anda memiliki versi pertama, carilah investor. Andaharus tetap mengembngkannya karena anda tidak tau kapan anda akan mendapatkan investor.

10. MELUNCURKAN STARTUP

Seiring waktu meskipun produkmu masih memiliki beberapa kekurangan, luncurkan.

11. MEMPERHATIKAN PERILAKU PENGGUNA

Apakah pengguna datang lagi? cari tau mengapa tidak begitu.

12. LUNCURKAN LAGI

Luncurkan seberapa perlu itu di ulang. Pada titik tertentu setidaknya akan ada ratusan pengguna yang kembali lagi. Saat itu terjadi anda mungkin sudah membuat sesuatu yang bernilai.

13. CAPAI 1000 PENGGUNA

Ini mungkin tidak terlihat banyak, namun 1000 pengguna pertama akan menunjukkan kelemahan dari apa yang anda buat. Anda mungkin perlu memcari tau secara manual, misalnya dengan mengecek momputer mereka dan lain-lain.

14. KEMBANGKAN

Paul graham menyarankan setidaknya startup perlu berkembang setidaknya 5% setiap satu minggu. Jika startup anda berkembang sebegitu banyak, dalam 4 tahun anda akan memiliki 25 milyar pengguna. Dalam arti lain anda sudah memiliki suatu starup yang sangat besar.

15. SUKSES ATAU APALAH ARTI LAINNYA

Anda dapat melakukan IPO. Jual perusahaan anda atau tetap urus sendiri hingga mendapatkan investor yang lebih besar.

Sudah mendapat gambaran? silahkan eksplore blog ini untuk belajar lebih jauh dan jangan sungkan untuk meninggalkan komentar.

Baca juga :


EmoticonEmoticon