Wednesday, December 14, 2016

10 Pelajaran Kepemimpinan dari Pengusaha Sukses

Ada perbedaan besar antara seorang pekerja dan seorang pemimpin. Menjadi pekerja merupakan hal yang relatif sederhana. Dilain pihak menjadi pemimpin adalah sebuah tantangan bagi Anda. Ketika Anda mengembangkan bisnis, tim anda akan melihat Anda sebagai seorang pemimpin.



Berikut adalah 10 pelajaran kepemimpinan yang dapat anda pelajari,

1. PERCAYA DENGAN BISNIS ANDA

"Berikan sepenuhnya apa yang anda punya ke bisnis anda. Komitmen penuh untuk bisnis dan visi pribadi Anda akan menunjukkan semua perbedaan yang ada antara keberhasilan dan kegagalan," Sir Richard Branson. "Jika Anda saja tidak bangga dengan apa yang Anda sedang lakukan, maka mengapa orang lain harus melakukannya?"
"Dan jangan terkelabui dengan hanya mengejar keuntungan dan pertumbuhan saja. Jika Anda tetap fokus untuk melakukan sesuatu yang anda bagus disitu, besar kemungkinan bahwa hal-hal yang lainnya akan mengikuti."

2. MEMPERIORITASKAN 

Semua pengusaha harus tahu, bahwa Anda hidup dan mati karena kemampuan Anda untuk memprioritaskan sesuatu." saran Jessica Jackley, co-founder Kiva dan kemudian menjadi pendiri dan CEO dari ProFounder. "Anda harus fokus pada hal-hal terpenting, kerjakan hal ini di siang dan malam, untuk yang lain serahkan ke orang lain atau tunda."

3. HARAPAN UNTUK KARYAWAN DAN PELATIHAN

Dalam bukunya "Zingerman's Guide to Good Leading, Part 4: A Lapsed Anarchist's Approach to the Power of Beliefs in Business," Ari Weinzweig, CEO dan salah seorang pendiri dari Zingerman's gourmet food company, menulis bahwa, "harapan yang jelas dan alat latihan adalah hal yang dibutuhkan  untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik."
Ari menambahkan, latihan kecil-kecilan akan membangun kepercayaan. Orang akan memiliki harapan ketika mereka mengetahui apa yang akan ia peroleh dan mereka memiliki sarana untuk mendapatkannya."
"Belajar adalah persyaratan minimum untuk sukses di bidang Anda," tulis Brian Tracy. "Informasi dan pengetahuan tentang segala sesuatu selalu meningkat setiap hari. Ini berarti bahwa pengetahuan Anda juga harus meningkat setiap saatnya."

4. TERUS MENERUS BERKEMBANG

Bill Gates pernah berkata, "kami selalu menduga terlalu tinggi perubahan yang akan terjadi dalam dua tahun ke depan dan meremehkan perubahan yang akan terjadi pada sepuluh tahun berikutnya. Jangan biarkan diri Anda terlena untuk tidak melakukan sesuatu."

5. BERKOMUNIKASI SECARA EFEKTIF

Warren Buffett pernah berkata, "Anda harus mampu berkomunikasi dan hal itu merupakan hal sangat penting. Pelajarilah. Jika Anda tidak dapat berkomunikasi dan berbicara dengan orang lain maka anda menyia-nyiakan ide dan potensi anda."

6. MENDORONG KARYAWAN UNTUK MENDAPTKAN WAKTU TIDUR YANG CUKUP

"Tidur memainkan peran penting dalam pengambilan keputusan, kecerdasan emosional, fungsi kognitif, dan kreativitas-yang semuanya sangat relevan untuk kesehatan secara keseluruhan dan kemampuan kami untuk menjadi efektif dan produktif," Arianna Huffington kepada Forbes.
"Hari ini, banyak dari kita masuk ke dalam perangkap untuk mengorbankan tidur dengan alasan produktivitas. Tetapi, ironisnya, kami kehilangan tidur, meskipun jam tambahan kami meningkat dalam bekerja, produktivitas per tahun per pekerja menurun lebih dari sekitar 11 hari yang setara dengan hilangnya $2.280. Ini menyebabkan total biaya tahunan karena kurang tidur untuk ekonomi AS lebih sekitar $63 milyar yang dalam bentuk absenteeism dan presenteeism (ketika karyawan hadir di tempat kerja secara fisik tetapi tidak benar-benar fokus secara mental)."

7. MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI MEREKA DAN MERAYAKAN KEBERHASILANNYA

Pendiri Wal-Mart Sam Walton. "Jika orang merasa percaya diri mereka dapat mencapai sesuatu yang menakjubkan."
Jangan takut untuk merayakan prestasi Anda. Rayakan juga untuk orang lain, rekomendasi dari Nina Vaca Pinnacle Group.

8. TRANSPARAN

"Saya mempelajari bahwa terdapat hal yang bagus pada transparansi," Jeff Weiner, CEO LinkedIn. Ketika karyawan merasa penasaran akan sesuatu dan akses informasinya dihalangi, maka mereka akan marah dan mulai mencari tau. "Saat itulah seorang Eksekutif akan mengatakan, Yah, jelas kita tidak dapat mempercayai karyawan kita dengan informasi ini. Jadi, kita harus bekerja keras dan memberikan informasi lebih sedikit."
Sebaliknya, perlakukan karyawan "seperti orang dewasa" dengan benar-benar transparan.

9. BERHENTI BERBICARA DAN MULAI MENDENGARKAN DENGAN PERCAKAPAN MELALUI TATAP MUKA SECARA LANGSUNG

"Para pemimpin yang suka mendengarkan mampu menciptakan hubungan kepercayaan yang transparan dan menumbuhkan kesetiaan,"  Glenn Llopis, pendiri Glenn Llopis Group.
Llopis menambahkan, "mendengarkan lebih dari bersikap tenang dan memberi seseorang perhatian penuh. Anda perlu untuk dapat mengerti bahasa tubuh, ekspresi wajah, suasana hati, dan kecenderungan perilaku umum. Mendengarkan harus menjadi pekerjaan penuh ketika Anda mempertimbangkan ketidakpastian tertanam di tempat kerja dan perubahan terus-menerus terjadi."

10. BERTANGGUNG JAWAB

Bertanggung jawab menurut Michael Hyatt artinya Anda menerima hasil yang didapat baik itu bagus ataupun buruk. Anda tidak menyalahkan orang lain. Selalu ada hal yang seharusnya anda lakukan namun tidak dilakukan yang mungkin akan merubah hasilnya. Sampai anda bertanggung jawab terhadapnya maka anda adalah tersangkanya. Menjadi tersangka bertolak belakang dengan pemimpin.

Artikel referensi untuk anda:
Jika anda merasa artikel ini bermanfaat untuk rekan anda silahkan share artikel berikut di situs sosial media faforit anda.

TAUKAH KAMU?
Mengapa Orang Kaya Semakin Kaya Orang Miskin Semakin Miskin | Pelajari Cara Menjadi Kaya!


EmoticonEmoticon